Current Issue

Vol 23 No 2 (2019)
Published: 2019-11-30

Articles

View All Issues

Jurnal Penelitian Enjiniring (JPE) merupakan media publikasi ilmiah untuk hasil-hasil inovasi terkini dalam bidang kajian dan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi keteknikan. JPE diterbitkan dalam dua bahasa dunia (bi-lingual), yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Berbagai bidang ilmu yang sangat popular, menarik dan spesifik dalam rumpun ilmu keteknikan seperti Teknik Arsitektur dan Pengembangan Wilayah Kota; Teknik Elektro dan Informatika; Teknik Geologi dan Pertambangan; Teknik Mesin dan Industri; Teknik Perkapalan dan Ilmu Kelautan; serta Teknik Sipil dan Lingkungan merupakan disiplin ilmu-disiplin ilmu yang menjadi topik utama dan konsen publikasi JPE. Selain itu bidang-bidang lain yang relevan termasuk diantaranya kajian sosio-ekonomi, kajian aspek keamanan (security) dan kajian aspek kesehatan yang terkait dengan bidang-bidang kajian utama diatas dapat pula diterima manuskrip ilmiahnya untuk dievaluasi nilai orijinalitas, kebaharuan dan kualitasnya oleh Tim Evaluator Ahli. Mulai tahun 2016, JPE-UNHAS terbit secara periodik sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni edisi Mei dan edisi November.

 JPE diterbitkan oleh Divisi Publikasi, Center of Technology (CoT), Fakultas Teknik UNHAS dengan melibatkan sejumlah besar mitra bestari eksternal yang professional dan ahli dalam bidang spesifik tertentu. Para mitra bestari yang bertindak sebagai tim evaluator (penilai) kelayakan manuskrip ilmiah hasil riset berasal dari berbagai universitas dan institut terkemuka baik dari dalam dan luar negeri. Jurnal ini terbit pertama kali pada Tahun 1995 dengan nama Jurnal Ilmiah Teknologi Hi-Tech bernomor ISSN 0852-4173. Sejak Tahun 2000 berubah nama menjadi Jurnal Penelitian Enjiniring (JPE) dengan nomor ISSN 1411-6243. Sejak itu, JPE-UNHAS berbenah diri untuk lebih meningkatkan kualitas hasil publikasinya melalui tahapan evaluasi yang lebih baku dan seobjektif mungkin sehingga pada waktunya nanti akan mendapatkan akreditasi yang lebih baik dari DIKTI dan lembaga penilai akreditasi lainnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

 Semoga hasil-hasil riset inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta umat manusia yang dipublikasikan melalui Jurnal Ilmiah JPE UNHAS ini dapat berkelanjutan dan semata-mata didedikasikan untuk perubahan ke arah yang lebih positif. Terima kasih kami ucapkan kepada para penulis dan pihak lainnya yang telah berkontribusi terhadap penerbitan makalah-makalah di JPE.