Karakteristik Manuver dengan Variasi Sudut Kemudi Kapal Ro-Ro
Abstract
Secara prinsip ada tiga gerakan kapal yang tidak dapat direspon oleh kapal yaitu gerakan Surging, Swaying dan Yawing. Untuk mengendalikan gerakan ini diperlukan Maneuver kapal. Kemampuan maneuver sangat menentukan keselamatan kapal, khususnya saat kapal beroperasi diperairan terbatas atau beroperasi disekitar pelabuhan, oleh karena IMO (International Maritime Organization) telah mensyaratkan sejumlah kriteria standar keselamatan kapal diantaranya adalah Turning Ability dan Course Keeping-Yaw Checking Ability. Dalam paper ini dibahas pengujian model simulasi manuver dengan variasi sudut kemudi kapal jenis Roll-on Roll-off (Ro-Ro) twin rudder dan twin propeller yang dilakukan di Bridge Simulator Politeknik Pelayaran Barombong dengan menggunakan metode software Polaris Ship’s Bridge Simulator-Kongsberg. Pengujian simulasi ini dapat memprediksi kemampuan manuver kapal pada tahap kompetensi khususnya bagi para operator kapal. Hasil efektifitas respon kapal pada self turning basin ke kanan menunjukkan bahwa pada kemudi kanan, dengan memposisikan sudut kemudi pada arah kanan dapat mengurangi Rate of Turn, memperlambat waktu putar, menambah kecepatan kapal dan memperpanjang jarak putar kapal, sebaliknya memposisikan sudut kemudi pada arah kiri dapat menambah Rate of Turn, mempercepat waktu putar, mengurangi kecepatan kapal dan memperpendek jarak putar kapal. Simulasi turning basin kanan yang baik adalah yang menunjukkan Rate of Turn tertinggi, kecepatan kapal terendah serta waktu dan jarak putar yang terpendek.