Tarif Pelayanan Pandu pada PT Pelindo IV (Persero) Cabang Parepare

  • Rahmawati Djunuda Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Syamsul Asri Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Andi Sitti Chairunnisa Mappangara Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
Keywords: Frekuensi, GT, RFR, tarif

Abstract

Jasa pemanduan diberikan sewaktu kapal memasuki alur pelayaran menuju dermaga untuk menjaga keselamatan kapal dan muatannya ketika memasuki alur pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan tarif pelayanan pandu di pelabuhan Parepare jika ditinjau dari sisi operator. Data dianalisis dengan metode RFR (Requered Freight Rate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarif variabel pelayanan pandu yang berlaku sekarang sudah layak. Dari hasil perhitungan didapatkan tarif minimal yaitu Rp. 8,38 per GT/gerakan lebih kecil dari tarif yang berlaku sekarang yaitu Rp. 76,78 per GT/gerakan. Ini berarti bahwa tarif yang berlaku sekarang sudah mampu menutupi biaya operasional. Sedangkan tarif tetap pelayanan pandu yang berlaku dianggap belum layak. Karena dari hasil perhitungan diperoleh tarif minimal Rp. 251.797 per gerakan lebih besar dari tarif yang berlaku sekarang yaitu Rp. 175.175 per gerakan, yang berarti bahwa tarif tetap yang berlaku sekarang belum mampu menutupi biaya operasional. Tarif ini bisa dinaikkan oleh pihak operator dengan lebih meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

Published
2017-05-31
How to Cite
Djunuda, R., Asri, S., & Mappangara, A. S. (2017, May 31). Tarif Pelayanan Pandu pada PT Pelindo IV (Persero) Cabang Parepare. Jurnal Penelitian Enjiniring, 21(1), pp. 81-86. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.052017.12
Section
Articles