Efektivitas Keel Cooler pada Sistem Pendingin Mesin Penggerak Utama Kapal

  • Muhammad Iqbal Nikmatullah Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Syerly Klara Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Agung Setiawan N Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
Keywords: Keel cooling system, perpindahan panas, variasi dimensi lebar inlet, mesin penggerak kapal

Abstract

Kapal OT. Skylie yang diproduksi oleh PT. Samudra Marine Indonesia merupakan salah satu jenis kapal tanker yang menggunakan Keel Cooler sebagai sistem pendingin mesinnya. Keel Cooler ini menjadi salah satu alat penukar kalor tipe baru yang diaplikasikan di dunia perkapalan karena dipasang secara eksternal pada lambung kapal di bawah permukaan air. Setelah diketahui efektivitas dari Keel Cooler tersebut selanjutnya penelitian ini dikembangkan menjadi optimasi Keel Cooler dengan tujuan untuk mengetahui ukuran lebar Inlet yang optimum pada Keel Cooler system. Penelitian ini menggunakan metode analisis dan simulasi menggunakan software Ansys. Berdasarkan hasil perhitungan pada beberapa variasi dimensi lebar Inlet Keel Cooler diperoleh nilai suhu yang minimum pada variasi lebar III dengan suhu minimum pada simulasi CFD sebesar 32 °C, perpindahan kalor terendah sebesar 145,176 W/m2°C pada pada variasi lebar III dengan ukuran lebar pipa Inlet 0,78 meter,. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin kecil dimensi ukuran Inlet pada Keel Cooler maka suhu minimum pada Keel Cooler akan lebih efektif dan nilai perpindahan kalor semakin besar dan variasi ukuran yang diteliti memenuhi nilai standar efektivitas penggunaan Keel Cooler.

Published
2024-05-27
How to Cite
Nikmatullah, M., Klara, S., & N, A. (2024, May 27). Efektivitas Keel Cooler pada Sistem Pendingin Mesin Penggerak Utama Kapal. Jurnal Penelitian Enjiniring, 28(1), 26-31. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.052024.05
Section
Articles