Studi Penambahan Centerbulb Bentuk Foil terhadap Besarnya Hambatan pada Kapal Katamaran Tipe NPL 4A
Abstract
Salah satu hal penting dalam sebuah kapal adalah hambatan. Semakin rendah nilai hambatan pada kapal maka semakin baik kapal berlayar dengan effisien. Untuk mengurangi hambatan kapal beberapa penelitian sebelumnya menggunakan konsep centerbulb. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan centerbulb bentuk Foil terhadap besarnya hambatan kapal katamaran tipe NPL 4a. Penelitian ini fokus pada pengaruh besarnya rasio dimensi centerbulb terhadap lambung kapal katamaran tipe NPL 4a yang menggunakan metode penelitian yaitu memodelkan 1 model lambung katamaran NPL 4a dengan S/L 0,2 dan Kapal katamaran yang di uji memiliki demi-hull yang simetris dengan beberapa variasi kecepatan yaitu Fr = 0,19 – 0,37. Bentuk centerbulb yang dipakai ialah Foil NACA 0030 dengan memodelkan 3 variasi besar rasio bentuk terhadap lambung kapal yaitu 10% - 30% dengan peletakkan pada 1/3 Lpp. Hasil penelitian dari keempat model kapal, model 1 tetap memiliki nilai hambatan yang rendah pada kecepatan Fr 0,19 – 0,37 daripada ketiga model lainnya (model 2-model 4). Namun model 2 memiliki potensi yang lebih baik dalam menurunkan hambatan daripada model 3 – model 4 apabila menambahkan variasi posisi centerbulb seperti pada penelitian sebelumnya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.