Desain Awal Fast Ferry untuk Perairan Laut dan Sungai Kalimantan untuk Peningkatan Konektivitas Wilayah Penopang IKN

  • Muhammad Uswah Pawara Program Studi Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Kalimantan
  • Alamsyah Alamsyah Program Studi Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Kalimantan
  • Suardi Suardi Program Studi Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Kalimantan
  • Taufik Hidayat Program Studi Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: IKN, fast ferry, perairan laut dan sungai

Abstract

Mengacu pada karakteristik sungai di wilayah Kalimantan dengan panjang sungai yang dapat menjangkau kilometer serta alur pelayarannya cenderung dangkal, diperlukan moda transportasi kapal cepat yang dapat melalui kondisi perairan dengan sarat yang rendah (low draft). Dukungan transportasi sungai ini diharapkan mampu menopang transportasi darat yang merupakan transportasi utama agar menunjang konektivitas antar wilayah terutama setelah dicanangkannya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), proyek besar ini diharapkan mampu meningkatakan pemarataan ekonomi khususnya diwalayah kalimantan yang dapat diwujudkan melalui peningkatan mobilitas manusia dan barang. Oleh kerana itu, kondisi geografis Kalimantan yang memiliki banyak sungai harus dioptimalkan melalui sarana tranportasi air yang modern, nyaman, cepat, dan terjangkau secara ekonomi, sehingga masyarakat pedalaman memiliki tranportasi alternatif. Melalui penelitian diperoleh ukuran utama kapal cepat yaitu Lbp:30 meter; Loa:29,015 meter; B:8,51 meter; H:5,46; dan T: 3 meter.

Published
2023-08-24
How to Cite
Pawara, M. U., Alamsyah, A., Suardi, S., & Hidayat, T. (2023, August 24). Desain Awal Fast Ferry untuk Perairan Laut dan Sungai Kalimantan untuk Peningkatan Konektivitas Wilayah Penopang IKN. Jurnal Penelitian Enjiniring, 26(1), 41-48. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.052022.06
Section
Articles