Analisa Perawatan Berbasis Keandalan Sistem Bahan Bakar pada Main Engine di Kapal KM. Kelimutu

  • Catur Fatwa Prasetyo Departemen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro
  • Hartono Yudo Departemen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro
  • Ahmad Fauzan Zakki Departemen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro
  • Andi Haris Muhammad Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik,Universitas Hasanuddin
Keywords: FMEA, FTA, keandalan, sistem bahan bakar

Abstract

Kapal merupakan salah satu alat tranportasi sangat penting. Ketersediaan kapal diperlukan untuk menunjang kebutuhannya. Salah satu metode metode pencegahannya dengan analisa keandalan. Keandalan merupakan suatu probabilitas dari sebuah item untuk melakukan sebuah kerja yang ditentukan, pada keadaan pengoperasian serta lingkungan tertentu untuk periode waktu yang sudah ditentukan. Salah satu sistem yang kritis dan diperlukan peninjauan adalah sistem bahan bakar. Jika terjadi kegagalan pada sistem bahan bakar, akan berdampak secara langsung ke mesin utama, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisia sistem bahan bakar menggunakan metode keandalan. Penelitian kali ini menggunakan kapal KM. Kelimutu milik PT. PELNI Indonesia sebagai objeknya. Penelitian ini juga menggunakan metode keandalan untuk menganalisa sistem bahan bakar menggunakan analisa kualitatifbserta kuantitatif. Analisa  kualitatifbdengan  menggunakan  Failure Mode andbEffect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Sedangkan untuk  analisa  kuantitatif,bdilakukan dengan  menjalankan  simulasi  monte  carlo dan juga mencaribreabillity block diagram (RBD) . Penelitian ini menunjukan, komponen yang pada sistem bahan bakar KM. Kelimutu yang paling kritis adalah filter dengan nilai Risk Priority Number initial (RPNi) sebesar 320.Sedangkan, untuk sistem yang memiliki 2 komponen akan cenderung mengalami kegagalan dalam hasil simulasinya. Hasil dari simulasi menunjukan angka Availability  sebesar 0.993 dan MTTF (Mean Time to Failure) adalah 317.99 jam.

Published
2022-07-29
How to Cite
Prasetyo, C., Yudo, H., Zakki, A., & Muhammad, A. (2022, July 29). Analisa Perawatan Berbasis Keandalan Sistem Bahan Bakar pada Main Engine di Kapal KM. Kelimutu. Jurnal Penelitian Enjiniring, 25(2), 132-140. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.112021.08
Section
Articles