Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan

  • Nurul Fathanah Mustamin Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Indrabayu Indrabayu Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Intan Sari Areni Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
Keywords: Unmanned drivers, HOG, Width Based, TPR, MSE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem estimasi jarak relatif antara kendaraan sebagai penelitian awal untuk konsep pengemudi tanpa awak agar berkendara dengan aman dan terhindar dari tabrakan. Sistem deteksi ini terdiri atas tahap deteksi dengan metode Histogram of Oriented Gradients (HOG) dan tahap estimasi jarak antara kendaraan dengan metode Width Based. Kendaraan yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis city car dan van. Hasil deteksi kendaraan untuk jenis city car diperoleh persentase rata-rata TPR (True Positive Rate) sebesar 92% sedangkan mobil jenis van mendapatkan persentase rata-rata TPR sebesar 64% untuk 5 video yang di uji. Untuk hasil estimasi jarak relatif antara kendaraan diperoleh untuk jenis mobil city car menunjukkan hasil yang lebih baik dengan nilai MSE 0,29 dan untuk mobil jenis van dengan nilai MSE 0,55.

Published
2018-11-30
How to Cite
Mustamin, N., Indrabayu, I., & Areni, I. (2018, November 30). Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan. Jurnal Penelitian Enjiniring, 22(2), 105-112. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.112018.02
Section
Articles