Analisis Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan
Studi Kasus di Kawasan Sanrangan
Abstract
Hambatan samping merupakan faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kinerja ruas jalan yang berujung pada kemacetan di sepanjang jalan, berupa pejalan kaki keluar masuk dari sisi jalan, kendaraan parkir/berhenti untuk menaikturunkan penumpang, kendaraan keluar masuk dari sisi jalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis jenis hambatan samping yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja jalan Perintis Kemerdekaan kawasan Sanrangan dan merekomendasikan solusi untuk mengatasi permasalahan lalu lintasnya. Pengamatan lapangan menggunakan metode Survei kendaraan bergerak dimana pengamat mengikuti arus. Hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui uji regresi linier berganda. Lokasi survei bertempat di jalan Perintis Kemerdekaan km 14+750 - km 15+000 tepatnya di kawasan Sanrangan yang memiliki tiga lokasi konflik lalu lintas yaitu: jalan Asrama Haji Lama, jalan masuk PT. KIMA dan jalan Sanrangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis hambatan samping yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja jalan Perintis Kemerdekaan kawasan Sanrangan adalah sepeda motor yang keluar (motor out) dari tiga lokasi di sisi segmen jalan tersebut, dengan selisih nilai R square persamaan regresi linier berganda pada kondisi eksisting dan kondisi yang ditinjau sebesar 7,8% dengan nilai R square eksisting sebesar 89 %. Rekomendasi solusi penanganan permasalahan yang memungkinkan adalah dengan memasang rambu lalu lintas di beberapa titik, pemasangan separator atau median jalan dan juga pembuatan zebra cross .