Parameterisasi Kendali PID pada Konverter DC/DC Penurun Tegangan dengan Kriteria Domain Waktu dan Efisiensi Daya

  • Andy Lukman Affandy Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Makassar
  • Faizal Arya Samman Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Makassar
  • Rhiza S. Sadjad Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Makassar
Keywords: Energi terbarukan, Konverter DC/DC, Kontroler PID.

Abstract

Paper ini menampilkan pemodelan, rancangan dan hasil simulasi rangkaian konverter DC/DC tipe penurun tegangan, dengan pecobaan kendali menggunakan kontroler P, PI, dan PD terkompensasi. Sistem dirancang untuk tujuan penyediaan saluran DC di rumah-rumah modern masa depan yang dilengkapi dengan saluran DC selain saluran AC. Hasil rancangan menunjukkan kendali P, PI, dan PD yang digunakan untuk mempertahankan tegangan luaran DC dari converter telah memberikan kinerja yang cukup baik. Walaupun antara menggunakan kendali P, PI, dan PD tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan terhadap pengendalian pada beban RL dan RC. Penggunaan penggabungan kendali PI dan PD terlihat mampu meningkatkan nilai Efisiensi Daya yang disalurkan dari pada hanya menggunakan kendali P saja. Nilai Efisiensi yang didapatkan PI yaitu 84.72 dan PD yaitu 84.616. Sedangkan  dengan hanya menggunakan kendali P nilai efisinsi terbaik yang didapatkan yaitu 84.283. Nilai-nilai parameter pengendali yang diperoleh antara lain KP= 8191, KI=63, dan KD=7x10-6. Secara umum perubahan parameter KP dan KI tidak begitu memberikan perubahan kinerja yang signifikan. Sedangkan nilai KD mesti ditentukan secara hati-hati agar dapat memberikan kinerja yang lebih baik. Kontroler PID juga secara umum masih mampu mengendalikan level tegangan DC pada batas yang dapat diterima pada pengujian dengan berbagai nilai beban resistive.

Published
2017-05-31
How to Cite
Affandy, A., Samman, F., & Sadjad, R. (2017, May 31). Parameterisasi Kendali PID pada Konverter DC/DC Penurun Tegangan dengan Kriteria Domain Waktu dan Efisiensi Daya. Jurnal Penelitian Enjiniring, 21(1), pp. 87-92. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.052017.13
Section
Articles