Intra Analisis Gangguan Tiga Fasa Seimbang Menggunakan Pendekatan Metode Radial Equivalent Independent DIMO pada Sistem Interkoneksi Sulbagsel

Analisis Gangguan Transient Sulbagsel

  • Andi Nurtrimarini Karim Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Sri Mawar Said Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Indar Chaerah Gunadin Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
Keywords: Transient Stability, REI-Dimo, Hubung Singkat, Sulbagsel.

Abstract

Makalah ini menyajikan analisis gangguan transient tiga fasa seimbang pada system interkoneksi Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel). Sistem interkoneksi Sulbagsel yang multi mesin dan sangat kompleks tentu sangat berpengaruh pada perubahan-perubahan kondisi pada sistem, baik itu saat terjadinya hubung singkat maupun perubahan beban yang tiba-tiba pada system. Melalui pendekatan Metode Radial Equivalent Independent Dimo (REI-Dimo)  maka akan dilakukan studi analisis system interkoneksi Sulbagsel yang terdiri dari  44 bus, 15 generator, 47 line, dan 34 beban yang selanjutnya akan di reduksi untuk mendapatkan bus generator terlemah serta arus gangguan terbesar pada bus. Hasil analisis diperoleh bahwa saat dilakukan simulasi hubung singkat didapatkan bus terlemah berada pada bus generator 2 (Pinrang) dengan nilai tegangan rata-rata selama gangguan sebesar  0.6492 pu. Sementara untuk arus gangguan terbesar terjadi pada bus 12 (Sengkang) yakni sebesar 29.9189 pu.

Kata Kunci : Transient Stability, REI-Dimo, Hubung Singkat, Sulbagsel.

Published
2018-05-31
How to Cite
Karim, A., Said, S., & Gunadin, I. (2018, May 31). Intra Analisis Gangguan Tiga Fasa Seimbang Menggunakan Pendekatan Metode Radial Equivalent Independent DIMO pada Sistem Interkoneksi Sulbagsel. Jurnal Penelitian Enjiniring, 22(1), 81-88. https://doi.org/https://doi.org/10.25042/jpe.052018.14
Section
Articles